You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pasar jembatan besi
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Kondisi Pasar Jembatan Besi Memprihatinkan

PD Pasar Jaya diharapkan segera merehabilitasi Pasar Jembatan Besi yang berlokasi di Jalan Jembatan Besi II, Tambora, Jakarta Barat. Sebab kondisi pasar ini sudah memprihatinkan yang membuat pedagang dan pembeli kurang nyaman melakukan aktivitasnya.

Pasar sudah banyak yang rusak. Selain atap bocor, banyak rolling door yang rusak akibat berkarat. Apalagi kalau musim hujan pasar sering kebanjiran

Pantauan beritajakarta.com, sejumlah atap pasar yang terbuat dari asbes bayak yang bolong   dan pecah. Sela itu, atap fiberglass yang digunakan untuk menambal juga sudah banyak yang rusak. Imbasnya, saat hujan turun membuat air menetes ke dalam kios pasar yang membuat banyak plafon kios  rusak dan jebol.

Setiap musim hujan, areal dalam pasar diketahui kerap tergenang air hingga ketinggian 50 sentimeter. Hal ini tentu saja membuat lingkungan kumuh dan becek.

Djarot Ingin Pasar Tradisional Punya Ciri Khas

Suryani (41), salah satu pedagang sayuran mengatakan, kerusakan pasar sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Namun hingga kini tidak ada upaya dari instansi terkait untuk memperbaikinya.

“Pasar sudah banyak yang rusak. Selain atap bocor, banyak rolling door yang rusak akibat berkarat. Apalagi kalau musim hujan pasar sering kebanjiran," keluh Suryani, Minggu (18/1).

Hal senada diungkapkan Warsito (50), salah satu pedagang pakaian. Menurutnya, selama 15 tahun berjualan, pasar ini belum pernah dilakukan perbaikan total.

“Kalau banjir bisa mencapai ketinggian 50 sentimeter. Dan biasanya akan surut lebih dari dua jam. Kalau kondisinya seperti itu ditambah banyak kios yang rusak siapa yang mau beli,” ujar Warsito.

Kepala Pasar Jembatan Besi, Suparwi mengakui kondisi pasar yang rusak serta sering kebanjiran. "Rencananya renovasi total akan dilakukan PD Pasar Jaya tahun ini. Diharapkan tahun 2016 mendatang sudah rampung dan bisa ditempati lagi," jelasnya.

Sesuai konsep, jelas Suparwi, nantinya saat renovasi total pasar yang awalnya satu lantai akan dibangun menjadi dua lantai. Dan di atas pasar akan dibangun rumah susun sewa.

Berdasarkan data, di Pasar Jembatan Besi terdapat 627 kios yang dimiliki oleh 420 orang. "Setiap orang ada yang memiliki 2 hingga 4 kios," tuturnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye945 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye922 personAldi Geri Lumban Tobing